Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah Kelas XI Layanan Perbankan Syariah Di SMK

  • Nabilah Qonitah Universitas Negeri Surabaya
  • Luqman Hakim Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Akuntansi Perbankan Syariah; E-Modul; Problem Based Learning; Sigil Software; SMK.

Abstract

Model ADDIE, yang dikembangkan oleh Dick and Carry, digunakan dalam penelitian ini. Model ini terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, serta evaluasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan, menganalisis kelayakan dan mengevaluasi respon siswa akan e-modul berbasis problem based learning. Uji coba dilaksanakan pada siswa kelas XI Layanan Perbankan Syariah (LPS) di SMKN2 Kota  Mojokerto. Hasil penelitian menyatakan pengembangan e-modul mendapatkan penilaian dari ahli materi sebanyak 89% interpretasi “sangat layak”, ahli bahasa sejumlah 97% interpretasi “sangat layak”, serta ahli grafik sebanyak 80% interpretasi “layak”. Kesimpulannya yaitu dari penilaian para ahli, kriteria e-modul sangat layak serta respon peserta didik memperoleh kriteria sangat layak.

Published
2024-04-24
Section
Articles