ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMK NEGERI 1 KOTA PAREPARE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang mencukupi guna menganalisis sejauh mana implementasi Kurikulum Merdeka dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Kota Parepare. Variabel penelitian ini adalah Kurikulum Merdeka Belajar yang diukur dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini Kepala Sekolah, Waka kurikulum, dan Guru, sedangkan Fokus penelitian adalah Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar yang di ambil dengan Teknik metode triangulasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian adalah saat pelaksanaan proses pembelajaran dengan kurikulum merdeka merdeka belajar sudah dilaksanakan dengan baik dari semua komponen yang ada. Pada tiap-tiap komponen pendidik telah melaksanakannya dengan baik sehingga peserta didik dapat mengikuti proses pembelajaran dengan tertib. Dengan diterapkannya kurikulum merdeka belajar diharapkan peserta didik dapat belajar sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik, menjadikan peserta didik lebih mandiri dan mampu melihat keterapaian belajar dengan adanya kolaborasi dari pihak industri. Sehingga peserta didik tidak lagi dituntut dengan padatnya materi yang harus selesai dan dipahami.