PENGARUH LITERASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR

  • Muthmainnah Urpa Universitas Negeri Makassar
  • Sahade Universitas Negeri Makassar
  • Nuraisyiah Universitas Negeri Makassar
Keywords: literasi, motivasi, wirausaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha siswa kelas XII Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar. Literasi kewirausahaan berperan sebagai variabel bebas (X), sementara motivasi berwirausaha sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas XII Program Keahlian Akuntansi yang berjumlah 147 siswa. Sampel diambil sebanyak 60 siswa menggunakan teknik pengambilan sampel Slovin. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner, dan analisis dilakukan dengan statistik deskriptif, uji kelayakan instrumen, serta uji hipotesis menggunakan SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berwirausaha. Nilai rata-rata literasi kewirausahaan sebesar 82%, dengan tiga indikator yaitu pengetahuan dasar kewirausahaan, pengetahuan ide dan peluang usaha, serta pengetahuan tentang aspek-aspek usaha, yang semuanya berada pada kategori sangat baik. Sementara itu, motivasi berwirausaha siswa juga memiliki rata-rata sebesar 81%, dengan tiga indikator yang mencakup tingkat usaha, tingkat kegigihan, dan arah perilaku. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara literasi kewirausahaan dan motivasi berwirausaha, dengan koefisien determinasi sebesar 61%. Hal ini mengindikasikan bahwa literasi kewirausahaan memberikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan motivasi berwirausaha siswa, dan faktor lain mempengaruhi sebesar 39%. Kesimpulannya, literasi kewirausahaan penting untuk ditingkatkan guna mendorong motivasi berwirausaha di kalangan siswa

This research aims to analyze the influence of entrepreneurial literacy on the entrepreneurial motivation of class XII students in the Accounting Skills Program at SMK Negeri 1 Makassar. The variables in this research are entrepreneurial literacy as the independent variable (X) and entrepreneurial motivation as the dependent variable (Y). The population of this research was all students in class The data analysis techniques used are descriptive statistical analysis, instrument feasibility testing and hypothesis testing using SPSS 24 for Windows. The research results show that entrepreneurial literacy has a positive and significant effect on the entrepreneurial motivation of class XII students in the Accounting Skills Program

Published
2024-10-17
Section
Articles