PENGARUH MINAT MENJADI GURU TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh minat menjadi guru terhadap kesiapan mengajar pada mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar. Minat menjadi guru merupakan variabel bebas (X) dan kesiapan mengajar merupakan variabel terikat (Y) dalam penelitian ini. Seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2020 dan 2021 adalah populasi dalam penelitian ini, sebanyak 161 mahasiswa, untuk sampel berjumlah 40 mahasiswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik proportionate starified random sampling. Untuk mengumpulkan data digunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis deskriptif, uji instrumen, dan pengujian hipotesis adalah teknik analisis data yang digunakan. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka diperoleh model persamaan persamaan regresi linear sederhana Y = 28,408 + 0,633X, hal ini berarti bahwa jika variabel minat menjadi guru nilainya nol, maka variabel kesiapan mengajar sebesar 28,408. Adapun hasil analisis koefisien determinasi (r2) sebesar 0,193 atau 19,3 persen. Hal ini berarti minat menjadi guru memiliki kontribusi terhadap kesiapan mengajar sebesar 19,3 persen dan 80,7 persen lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji-t diperoleh nilai signifikan 0,005 lebih kecil dari 5 persen (0,005<0,05) yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara minat menjadi guru dengan kesiapan mengajar, sehingga dengan demikian hipotesis diterima.
The increasingly developing world today means that many students choose to major in education but are not interested in becoming teachers. This research aims to analyze the influence of interest in becoming a teacher on teaching readiness among students in the Accounting Education study program, Faculty of Economics and Business, Makassar State University. All students from the Accounting Education study program class of 2020 and 2021 are the population in this study, totaling 161 students, for a sample of 40 students obtained using the proportionate starified random sampling technique. To collect data, questionnaires and documentation were used. Descriptive analysis, instrument testing, and hypothesis testing are the data analysis techniques used. Based on the results of the data analysis carried out, it was found that interest in becoming a teacher contributed 19.3% to teaching readiness and the other 80.7% was influenced by other factors. The results of the t-test showed that there was a significant influence between interest in becoming a teacher and readiness to teach.