PENGARUH APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP MINAT BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII PROGRAM IPS SMA NEGERI 1 TAKALAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aplikasi quizizz terhadap minat belajar akuntansi pada siswa kelas XII program IPS SMA Negeri 1 Takalar. Variabel dalam penelitian ini adalah aplikasi quizizz sebagai variabel bebas dan minat belajar sebagai variabel terikat. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Takalar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Total, sampel dari populasi diperoleh dari seluruh jumlah populasi dengan sampel sebanyak 62 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji instrument dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh model persamaan regresi linear sederhana Y=5,531+0,576X yang berarti tiap penambahan 1 satuan nilai aplikasi quizizz, maka nilai minat belajar mengalami kenaikan 0,576 satuan. Sedangkan uji korelasi product moment memiliki nilai kolerasi antara variabel X terhadap variabel Y sebesar 0,619 yang berada pada interval 0,60-0,799 yang berarti kolerasi berada pada kategori tinggi. Hasil analisis koefisien determinasi (r2) diperoleh nilai (r2) = 38,3% yang berarti aplikasi quizizz memiliki pengaruh terhadap minat belajar sebesar 38,3% dan sisanya 61,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Sementara dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,001 < 0,05 yang berarti aplikasi quizizz berpengaruh signifikan terhadap minat belajar, dengan demikian hipotesis diterima.
Students' interest in learning is lacking because the learning methods used by teachers are less attractive, students often cheat because they only use simple learning media. So this research aims to analyze the influence of the Quizizz application on interest in studying accounting in class XII students of the Social Sciences program at SM A Negeri 1 Takalar. The population of this research was all students of class XII IPS SMLA Negeri 1 Takalar. The sample collection technique uses the total sampling technique, the population sample is obtained from the entire population with a sample of 62 students. The data collection techniques used were questionnaires, interviews and documentation. The data analysis techniques used are descriptive percentage analysis, instrumental testing and hypothesis testing. The product mlemlent correlation test has a correlation value between variable X and variable Y of 0.619 which is in the interval 0.60-0.799, which means the correlation is in the high category. The results of the analysis of the coefficient of determination obtained a value of 38.3%, which means that the Quizizz application has an influence on interest in learning of 38.3% and the remaining 61.7% is influenced by other factors. Meanwhile, from the results of the t-test analysis, it was found that the Quizizz application had a significant effect on interest in learning, thus the hypothesis was accepted. The conclusion of this research is that the Quizzizz application has a positive effect on interest in studying accounting