ANALISIS MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IX DI SMPN 17 KOTA BENGKULU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model jigsaw pada mata pelajaran IPS di SMPN 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan objek motivasi belajar siswa melalui model jigsaw pada mata pelajaran IPS dan subjek penelitian guru mata pelajaran IPS, dan siswa kelas IX.E yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar meningkat melalui model jigsaw siswa kelas IX di SMPN 17 Kota Bengkulu ditinjau dari indikator motivasi adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita- cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, adanya situasi kelas yang kondusif. Simpulan dari penelitian ini bahwa adanya model jigsaw pada mata pelajaran IPS memotivasi dan mendorog siswa untuk bersemangat belajar di kelas.