STRATEGI DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMKS AL-AZHAR SEMPU KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Implementasi kurikulum merdeka sebagai kurikulum baru pendidikan di Indonesia memiliki beberapa tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kurikulum merdeka yang terdapat di sekolah swasta, berkaitan dengan strategi dan perencanaan integrasi penerapan kurikulum merdeka. Model pembelajaran baru sebagai bentuk penerapan pembelajaran berdiferensiasi, peluang dan tantangan penerapan kurikulum merdeka, serta peran kepala sekolah dan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka menjadi topik pokok bahasan pada artikel ini. Lokasi penelitian terletak di SMKS Al-Azhar Sempu Kabupaten Banyuwangi. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, dengan menggali pengalaman-pengalaman stakeholders terkait implementasi kurikulum merdeka di sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, serta studi dokumen. Untuk menjamin keabsahan data dilakukan beberapa upaya seperti melalukan observasi secara sungguh-sungguh dan triangulasi data. Hasil penelaahan penelitian menemukan bahwa kurikulum medeka menjadi salah satu tantangan paradigma baru di sekolah swasta SMKS Al-Azhar. Kepala sekolah mendorong berbagai program sebagai strategi untuk mencapai keberhasilan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, mencetak karakter peserta didik yang aktif, kreatif, dan berbudi pekerti baik, serta sesuai dengan profil pelajar pancasila. Selain itu didukung juga oleh peran guru yang partisipatif dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di sekolah swasta.