PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII PROGRAM IPS

  • Rifki Kusumajaya Univeritas Negeri Makassar
  • M. Ridwan Tikollah Universitas Negeri Makassar
  • Fajriani Azis Universitas Negeri Makassar
Keywords: Kegiatan Pembelajaran, Mata Pelajaran Ekonomi, Perilaku Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII Program IPS SMA Negeri 1 Takalar. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 dan XII IPS 2 SMA Negeri 1 Takalar yang telah mengikuti mata pelajaran akuntansi berjumlah 62 siswa yang diambil dengan teknik pengambilan sampel sampling total. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis dan yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji instrumen, uji reliabilitas, uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil regresi linear sederhana diperoleh model persamaan regresi linear sederhana Y=83,785 + 0,117 yang berarti tiap pertambahan satu nilai model pembelajaran reciprocal teaching, maka hasil belajar siswa kelas XII IPS 1 dan XII IPS 2 pada mata pelajaran akuntansi bertambah 0,117 satuan. Dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai r2 = 19% yang berarti model pembelajaran reciprocal teaching berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Takalar sebesar 19% sedangkan sisanya sebesar 81% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil analisis uji-t bahwa nilai signifikan 0,000<0,05 yang berarti variabel reciprocal teaching berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS pada mata pelajaran akuntansi, dengan demikian hipotesis “diterima”.

Published
2024-10-31
Section
Articles