PENGARUH GAJI TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA LULUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNS TAHUN ANGKATAN 2018-2019

  • Wahyu Mei Univesitas Sebelas Maret
  • Septiana Tri Nurcahyani Univesitas Sebelas Maret
  • Yesica Ade Ariawan Univesitas Sebelas Maret
  • Nur Rochman Saputra Univesitas Sebelas Maret
  • Salsa Dewy Masithah Univesitas Sebelas Maret
Keywords: gaji, lulusan pendidikan, minat menjadi guru

Abstract

Permasalahan dalam profesi guru di Indonesia masih terkait dengan fenomena kesejahteraan guru yang tidak sebanding dengan tingkat gaji guru. Kondisi ini berdampak pada minat lulusan program studi pendidikan ekonomi untuk menjadi guru, termasuk lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret dalam memilih profesi sebagai guru. Berdasarkan tracer study Universitas Sebelas Maret, sebesar 55,4%  lulusan memilih profesi di luar dunia pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh gaji terhadap minat menjadi guru pada lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi UNS angkatan 2018-2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi sebanyak 104 orang dan sampel sebanyak 51 orang yang diambil menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Setelah data terkumpul, dilakukan serangkaian uji prasyarat yaitu uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji normalitas, uji linearitas, dan uji autokorelasi yang menunjukkan bahwa data telah memenuhi asumsi dasar regresi. Selanjutnya, dilakukan uji hipotesis menggunakan uji regresi dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 22,3% antara gaji guru terhadap minat menjadi guru pada lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret angkatan 2018-2019

This study aims to analyze the impact of salary to interest become a teacher. The background of this research is the perception phenomenon related to the welfare issues of teachers regarding their salary levels, which are not comparable to general wage standards. This research employs a quantitative approach. The population in this study comprises 104 graduates from the Economic Education Study Program at Sebelas Maret University from the 2018-2019 cohort. The sample in this study consists of 51 participants selected based on the Slovin formula. Data collection was carried out through the distribution of questionnaires. After data collection, a series of prerequisite tests included multicollinearity, heteroscedasticity, normality, linearity, and autocorrelation, which showed that the data fulfill the basic assumptions of regression. Subsequently, hypothesis testing was performed using regression analysis and the T-test. The results indicate a positive and significant impact. The conclusion of this study is that salary significantly and positively affects to interest become a teacher among graduates of the Economic Education Study Program at Sebelas Maret University from the 2018-2019 cohort.

Published
2024-10-31
Section
Articles