PENGEMBANGAN ASESMEN BERBASIS WEBSITE WORDWALL PADA ELEMEN KOMPUTER AKUNTANSI
Abstract
Asesmen dimanfaatkan sebagai tolak ukur ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah dilaksanakan selama proses belajar berlangsung. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa kurangnya inovasi dalam pelaksanaan asesmen. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses pengembangan, menganalisis kelayakan dan respons peserta didik dalam pelaksanaan asesmen berbasis website wordwall. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode Reserch and Development (R&D) digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menyatakan pengembangan asesmen mendpatkan penilaian dari ahli materi oleh guru praktisi 97% interpretasi "Sangat Layak", ahli materi oleh dosen praktisi 80% interpretasi "Layak", ahli bahasa 70% interpretasi "Layak", ahli asesmen oleh guru praktisi 93% interpretasi "Sangat Layak" dan dosen praktisi 89% interpretasi "Sangat Layak". Seluruh peserta didik dalam uji coba memberikan respon baik atas asesmen yang dikembangkan dengan tingkat persentase 98,4% interpretasi "Sangat Menarik".