PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS HOTS (Higher Order Thinking Skills) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA KARTIKATAMA

  • Sangidatus Sholiha Universitas Muhammadiyah Metro
  • Dela Zelpita Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Media pembelajaran, pembelajaran ekonomi, E-LKPD, Higher Order Thinking Skills

Abstract

Evaluasi pembelajaran di SMA Kartikatama Metro masih menggunakan metode konvensional yakni menggunakan kertas lembaran untuk dikerjakan siswa secara manual. Hal ini menyebabkan proses penilaian membutuhkan waktu yang lama sehingga memperlambat penyampaian hasil belajar. Tujuan Penelitian ini yakni untuk menghasilkan aplikasi evaluasi berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pembelajaran yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan subjek penelitian siswa kela X SMA Kartikatama. Teknik pengumpalan dari angket validasi ahli materi, validasi ahli media dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan validasi ahli  media dengan skor 95% dan validasi ahli materi  materi 88,5%. Uji kepraktisan menunjukkan respon positif dari peserta didik dengan skor lebih dari 60%. Pengembangan E-LKPD berbasis HOTS ini berhasil mengintegrasikan teknologi digital dalam pembelajaran ekonomi dan mendukung pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran inovatif yang dapat mendukung proses pembelajaran aktif dan berpusat pada siswa

Published
2024-11-15
Section
Articles