ANALISIS DAYA DUKUNG TANAH DASAR PADA JALAN HASANUDDIN KOTA METRO
Abstract
Tanah dasar (subgrade) merupakan bagian penting dari kontruksi jalan karena tanah ini berfungsi mendukung seluruh kontruksi jalan beserta muatan lalu lintas di atasnya sehingga tanah dasar harus mempunyai kapasitas dukung yang baik serta mempunyai stabilitas volume akibat pengaruh lingkungan terutama air. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan rekayasa daya dukung tanah dasar pada jalan Hasanuddin Kota Metro dengan memanfaatkan gipsum sebagai bahan stabilisasi tanah. Data hasil penelitian ini didapat dari hasil pengambilan sampel tanah asli yang diambil di bahu Jalan Hasanuddin, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro, Provinsi Lampung menggunakan alat bantu Hand bor pada lima titik kerusakan dengan kedalaman 1 meter. Kemudian tanah diuji di laboratorium mekanika tanah Universitas Muhammadiyah Metro untuk dilakukan pengujian sifat fisik dan sifat mekanis tanah. Dari hasil pengujian sifat fisik tanah asli diketahui kondisi eksisting tanah dasar pada ruas jalan Hasanuddin berdasarkan sistem klasifikasi tanah USCS memiliki nilai batas cair rata – rata 53.64% (>50%), dan nilai indeks plastisitas sebesar 14,27% pada diagram plastisitas berada dalam kelompok MH or OH yaitu Lanau anorganik dan pasir micaceous dengan plasitisitas tinggi. Dari hasil pengujian sifat mekanis tanah asli dan tanah campuran, dapat disimpulkan tanah dasar pada jalan Hasanuddin yang distabilisasi menggunakan gipsum pada kadar campuran 26% mampu meningkatakan nilai daya dukung tanah dasar dengan kenaikan presentase rata-rata mencapai 117,3% dari nilai CBR tanah asli (rata-rata 2,95%) menjadi (rata-rata 6,41%) setelah dilakukan stabilisasi menggunakan bahan campuran gypsum