Pengaruh Layanan Penguasaan Konten terhadap Kesiapan Belajar

  • Hadi Pranoto Universitas Muhammadiyah Metro
  • Mudaim Mudaim Universitas Muhammadiyah Metro
  • Ervina Gesti Anggraini Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Layanan Penguasaan Konten, Kesiapan Belajar

Abstract

Kesiapan belajar merupakan suatu kondisi seseorang untuk memulai proses belajar agar ilmu yang diperoleh dapat dengan mudah dipahami danmasukdalamotak. Menurut Djamarah (2002: 35): „‟kesiapan belajar merupakan kondisi diri yang telah dipersiapkan untuk melakukan suatu kegiatan. Tujuan dalam penelitian yang ingin dicapai adalah, untuk mengetahui pengaruh positif layanan penguasaan konten terhadap kesiapan belajar peserta didik SMP Muhammadiyah 1 Pekalongan Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020.Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif eksperimen dengan One Group Pre-test-Post-test Design. Populasi penelitian sebanyak 30 orang.Sampel penelitian berjumlah 20 orang dengan menggunkan teknik purposive sampling.Instrumen dalam pengambilan data menggunakan angket. Analisi data yang digunakan yaitu uji t. dengan hasil yang diperoleh thitung = 28,008 sedangkan ttabel =1,724 dari signifikan ( ) sebesar 0,05, selain itu diketahui bahwa terjadi peningkatan skor pre-test sebesar 134,25 dan post-test sebesar 150,6 sehingga terjadi peningkatan skor sebanyak 38,95. Hal ini menunjukan bahwa bimbingan kelompok berpengaruh terhadap kesiapan belajar.Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh layanan penguasaan konten terhdap kesiapan belajar peserta didik SMP Muhammadiyah 1 Pekalongan Lampung Timur Tahun pelajaran 2020/2021

Published
2022-06-29
How to Cite
Pranoto, H., Mudaim, M., & Anggraini, E. G. (2022). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten terhadap Kesiapan Belajar. Counseling Milenial (CM), 3(2), 155-164. https://doi.org/10.24127/konselor.v3i2.2346
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4