Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok menggunakan Teknik Sosiodrama terhadap Perilaku Disiplin
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama terhadap perilaku disiplin peserta didik dalam menaati peraturan sekolah. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian sebanyak 55 peserta didik dengan sampel penelitian berjumlah 10 peserta didik. Instrument dalam pengambilan data menggunakan metode kuesioner model skala likert. Analisis data yang digunakan yaitu uji t. Hasil perhitungan data diperoleh thitung= sedangkan ttabel = 1,83311 dari signifikan (α) sebesar 0,05. Selain itu diketahui bahwa terjadi peningkatan Skor pre-test diperoleh rata-rata 68,2 yang masuk dalam kategori mutu sedang, sedangkan skor post-test diperoleh rata-rata sebesar 86,9 yang masuk pada kategori mutu cukup tinggi dengan selisih skor pre-test dan post-test 18,7. Hal ini menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama berpengaruh terhadap perilaku disiplin peserta didik dalam menaati peraturan sekolah.