PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PENGARUH MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS SMP NEGERI 1 BUMI RATU NUBAN)

  • Rina Trisnawati Universitas Muhammadiyah Metro
  • Noormawanti Noormawanti Universitas Muhammadiyah Metro
  • Sarbini Sarbini Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Peran Guru PAI, Media Sosial

Abstract

Pendidikan Islam merupakan salah satu aspek dari ajaran Islam yang menggambarkan secara keseluruhan isi dari ajaran Islam itu tersendiri. Oleh karena itu, tujuan dari pendidikan Islam tidak terlepas dari tujuan hidup manusia dalam Islam, yaitu untuk menciptakan pribadi-pribadi hamba Allah yang senantiasa selalu bertaqwa kepada-Nya, pendidikan adalah suatu proses pendewasaan yang dilakukan oleh seorang pendidik kepada siswa dengan memberikan stimulus positif yang mencakup kognitif, afektif dan psikomotorik. Sedangkan pengajaran hanya mencakup kognitif saja artinya pengajaran adalah suatu proses pentransferan ilmu pengetahuan tanpa membentuk sikap dan kreatifitas siswa. Media sosial adalah salah satu dari sekian banyak di antara sekian banyak hasil kecanggihan teknologi saat ini.
Hasil dari penelitian menemukan Peran guru Pendidikan Agama Islam yaitu sebagai Motivator dimana guru mengingatkan akan adanya dampak negatif yang diakibatkan oleh adanya sosial media. Sebagai Informator yaitu guru menyampaikan informasi mengenai sosial media serta dampak yang ditimbulkannya. Sebagai fasilitator yaitu Guru bisa menciptakan suasana pembelajaran yang demokratis dan menyenangkan, agar siswa tetap terfokus pada materi pembelajaran. Dampak positif yang ditimbulkan media sosial facebook diantaranya, berinteraksi dengan cepat, dapat saling berinteraksi, sebagai sarana membantu dan memotivasi dan menambah ilmu dalam belajar. Sedangkan dampak negatif yang ditimbulkan yaitu: menghambur-hamburkan uang, tidak peduli dengan sekitar, berkurangnya waktu belajar, kurangnya sosialisasi dengan lingkungan, terdapat perilaku menyimpang dan terdapat Konten-konten berbau sex.

Published
2021-06-28
Section
Articles