KORELASI TIPOLOGI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs MUHAMMADIYAH MARGOTOTO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Faiz Rohaniati Universitas Muhammadiyah Metro
  • Iswati Iswati Universitas Muhammadiyah Metro
  • Sarbini Sarbini Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Tipologi Belajar, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fiqih

Abstract

Hasil belajar yang baik pasti oleh bagaimana proses belajar siswa untuk menuju hasil prestasi yang baik. Proses atau tipologi belajar pasti berbeda-beda dan masing-masing gaya belajar memiliki nilai positif dan negatif begitu juga dengan dampaknya kepada orang tersebut dan disekelilingnya. Tipologi belajar dibagi menjadi tiga yaitu visual (melihat), auditorial (mendengar) dan kinestetik (terlibat langsung).
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MTs Muhammadiyah Margototo, dengan 50 siswa sebagai sampel diperoleh informasi bahwa sebanyak 15 siswa dengan tipologi belajar visual, 20 siswa dengan tipologi auditorial dan 15 siswa lainya tipe belajarnya adalah kinestetik. Tipilogi ,belajar mempengaruhi hasil belajar siswa, hal tersebut dapat dilihat dari kemajun siswa dalam bidang kemajuan nilai siswa, ketercapaian kemampuan siswa prestasi belajar siswa, serta siswa juga mampu untuk menyimpulkan beberapa hal terkait pembelajaran dan bagi guru manfaatnya menjadi mudah untuk mendeteksi kesalahan ketika siswa belajar.
Berdasarkan hasil analisis terhadap data penelitian dari kedua variabel dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tipologi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa MTs Muhammadiyah Margototo, Lampung Timur. Hal ini dibuktikan dari hasil uji korelasi ProductMoment antara variabel X dengan variabel Y diperoleh rhitung 0,7 sedangkan tabel 0,279. dengan tingkat kepercayaan sesuai dengan data responden sebanyak 50 siswa. Maka dapat dilihat dalam tablenilair produk moment pada taraf 5 ┼┐hitung 0,7 sedangkan label 0,279 dengan demikian hasil yang diperoleh signifikan. Hal ini berarti ada korelasi yang signifikan antara tipologi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa MTs Muhammadiyah Margototo, Lampung Timur.

Published
2021-12-20
Section
Articles