PENGARUH STRATEGI SPIRITUAL TEACHING GURU AL ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 METRO

  • Ariyati Ariyati Universitas Muhammadiyah Metro
  • Iswati Iswati Universitas Muhammadiyah Metro
  • M. Ihsan Dacholfany Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Spiritual Teaching, Motivasi Belajar

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi peserta didik supaya mampu menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya pendidikan merupakan bagian integral dalam pembangunan proses pendidikan tak dapat terpisahkan dari proses pembangunan itu sendiri, pembangunan diarahkandan bertujuan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Tujuan penelitian dalam penulisann ini adalah Untuk mengetahui pengaruh strategi spiritual teaching terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Al Islam di SMP Muhammadiyah 1 Metro. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Smp Muhammadiyah 1 Metro. Teknik pengambilan sample dengan random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Sebelum Istrumen digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data peneliti menggunakan Regresi. Teknik pengumpulan data ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini membuktikan bahwa ada Pengaruh strategi spiritual teachingterhadap Motivasi Belajar. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil analisis menggunakan regresi dan mendapatkan hasil Fhitung sebesar 3.85 dengan tingkat signifikansi lebih besar dari 0.05 dengan hasil 0,38. Dari hasil uji diketahui ada Pengaruh signifikanSpiritual Teachingterhadap Motivasi Belajar sebesar 38 %, hal ini menunjukkan bahwa masih ada sebesar 62% pengaruh variabel lain yang belum diteliti dalam penelitian ini.

Published
2021-12-20
Section
Articles