KONSEP MODERNISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF IBNU KHALDUN
Abstract
Sebagai bentuk kritikan sekaligus perbaikan sistem Pendidikan Agama Islam, Ibnu Khaldun
menyampaikan gagasannya berkenaan dengan modernisasi proses pendidikan. Tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mengetahui bagaimana konsep modernisasi Pendidikan Agama Islam yang digagas oleh Ibnu
Khaldun mampu menjadi buah pikiran yang berhasil memperbaiki sistem pendidikan hari ini,
sebagaimana yang kita ketahui bahwa perkembangan era globalisasi kurang dibaca oleh para praktisi
pendidikan khususnya dalam lingkup Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan yaitu
kualitatif kepustakaan, jenis penelitian study tokoh dengan pendekatan library research yang menkaji
secara teoritis dan mendalam untuk kemudian mendapatkan kesimpulan. Skripsi ini mengkaji terkait
pemikiran modernisasi Ibnu Khaldun dan implementasinya dalam pendidikan agama dengan sumber data
primer didapatkan dari buku karangan Ibnu Khaldun dan data sekunder dari buku-buku yang berkaitan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam perlu dihadapkan dengan realitas sosial,
sistematisasi materi, dan pematangan pondasi nilai-nilai Islam untuk kemudian mampu menjadi lulusan
yang bisa bersaing dan cakap dengan dunia modern. Perwujudan konsep modernisasi Pendidikan Agama
Islam Ibnu Khaldun dalam Sistem Pendidikan Nasional perlu dilakukan, hal ini dikarenakan konsep
modernisasi Pendidikan Agama Islam dalam perspektif Ibnu Khaldun sesuai dengan tujuan dan nilai-nilai
yang disepakati dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003 dan sesuai
dengan tuntutan zaman.