URGENSI PEMAHAMAN DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM BAGI MASYARAKAT DI INDONESIA
Abstract
Kajian ini dilaksanakan untuk menggambarkan mengenai urgensi pemahaman dasar-dasar pendidikan Islam bagi masyarakat di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan sumber berasal dari buku-buku dan artikel-artikel jurnal dan menggunakan teknik analisis isi dalam menganalisis sumber. Hasil dan pembahasan dalam penelitian menghasilkan beberapa temuan, yaitu pertama, dasar pendidikan Islam ialah sumber pijakan bagi penyusunan dan pengembangan teori dan praktik pendidikan Islam yang mana di sini akan diperoleh ilmu pengetahuan dan nilai-nilai yang dapat dimanifestasikan dalam pendidikan Islam. Kedua, dasar pendidikan Islam terdiri atas delapan macam, yakni religius (agama), yuridis, psikologis, historis, sosial, budaya, ekonomi, dan filosof. Ketiga, masing-masing dasar pendidikan Islam memiliki posisi yang penting bagi dunia pendidikan Islam. Melalui pembahasan pada kajian tersebut dapat menyimpulkan bahwa memahami dasar pendidikan Islam bagi masyarakat Indonesia merupakan hal yang mesti dilakukan, khususnya kalangan akademisi pendidikan agama Islam.