STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN LITERASI KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MI AL-HIDAYAH DUINI BOLMONG UTARA
Abstract
Penelitian ini mengkaji Strategi Guru dalam Meningkatkan Literasi Keagamaan Peserta Didik di MI Al-Hidayah Duini Bolmong Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata lisan dari orang dan perilaku yang dapat diamati. pola penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif untuk mengetahui berbagai persoalan yang berhubungan dengan minat baca dengan menggunakan budaya literasi. Sehingga peneliti terjun secara langsung untuk melakukan proses penelitian yang berkaitan dengan judul penelitian “Strategi Dalam Mewujudkan Literasi Keagamaan Peserta Didik Di MI Al-Hidayah Duini Bolmong Utara”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Strategi oleh guru dan pimpinan madrasah membantu peserta didik mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang Islam. Melalui proses pembelajaran dan membuat kegiatan ekstrakurikuler serta kegiatan keagamaan bersama komunitas, peserta didik dapat memperdalam pemahaman agama mereka dan merasakan keterlibatan yang lebih luas dalam praktik keagamaan. Dan Implementasi strategi pembelajaran yang aktif dan interaktif telah membantu peserta didik untuk lebih mendalam dalam pemahaman agama. Mereka diajak untuk berpartisipasi aktif, bertanya, dan berdiskusi tentang ajaran-ajaran agama, yang meningkatkan pemahaman mereka. Pendekatan ini juga mendorong peserta didik untuk mengaitkan ajaran agama dengan situasi nyata, memungkinkan mereka untuk lebih mudah mengaplikasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.