HUBUNGAN EMOTIONAL INTELLIGENCE TERHADAP AKHLAK SISWA SMP AN NUR TULANG BAWANG TENGAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT
Abstract
Pendidikan merupakan kegiatan universal dalam kehidupan setiap manusia. Keberadaan
pendidikan menjadi sebuah keniscayaan guna membentuk serta membina kualitas diri.
Pembentukan akhlak menjadi tujuan penting dari suatu proses pendidikan, khususnya pendidikan
Islam. Akhlak merupakan salah satu penentu utama kualitas diri seseorang. Penelitian ini
menggunakan penelitian kuantitatif dengan random sampling. Instrumen yang digunakan adalah
angket. Sebelum Istrumen digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitasnya.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Siswa Smp An Nur Tulang Bawang Tengah Kabupaten
Tulang Bawang Barat. Teknik analisis data peneliti menggunakan Korelasi. Teknik pengumpulan
data ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil Penelitian ini
menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan akhlak
siswa. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil analisis korelasi diperoleh nilai signifikansi sebesar
0,00, yang berarti bahwa 94,3% Akhlak berhubungan dengan variabel Kecerdasan Emosional,
sedangkan selebihnya sebesar 5,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.