STUDI EVALUATIF IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METODE WAFA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 METRO LAMPUNG
Abstract
Metode Wafa ialah metode pembelajaran dan pendidikan Al-Qur’an yang tersistem tahapan demi tahapan dengan memaksimalkan pendekatan otak kanan yang komprehensif, mudah dan menyenangkan. Mengajarkan kepada anak dari tingkat dasar sampai atas agar mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan memaksimalkan baik secara Tahsin dan Tajwid. Tujuan penelitian ini yaitu mengevaluasi implementasi penggunaan metode Wafa di SMK Muhammadiyah 3 Metro Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi kualitatif. Sampel penelitian ini adalah guru Al-Qur’an dan siswa SMK Muhammadiyah 3 Metro Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penerapan metode Wafa di SMK Muhammadiyah 3 Metro Lampung sudah berjalan dengan baik. Penerapan metode Wafa disekolah sudah dilaksanakan sesuai dengan indikator buku modul yang mana materi diberikan secara runtut sesuai dengan tingkatannya atau levelnya. Dalam pembelajaran para siswa memiliki perubahan yang signifikan baik dari segi makhorijul huruf, tanda baca, panjang dan pendek, dan kelancaran dalam membaca Al-Qur’an.