DAMPAK PELAKSANAAN SHALAT DHUHA TERHADAP EMOTIONAL QUOTIENT SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 KALIREJO LAMPUNG TENGAH

  • Anwar Fitrianto Universitas Muhammadiyah Metro
  • Heri Cahyono Universitas Muhammadiyah Metro
  • Iswati Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Dampak, Emotional Quotient, Shalat Dhuha

Abstract

Banyak orang yang memandang sebelah mata mengenai Emotional Quotient, mereka masih menganggap bahwa kecerdasan intelektual sebagai kecerdasan tunggal dalam menentukan kesuksesan hidup seseorang. Hal ini menjadikan banyak orang mengesampingkan kecerdasan emosionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis apakah pelaksanaan dari shalat dhuha yang dijadikan program rutin oleh SMK Muhammadiyah 1 Kalirejo Lampung Tengah memiliki dampak yang baik terhadap emotional quotient peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, pemaparan teori, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adanya dampak yang sangat positif terhadap Emotoinal Quotient siswa di kelas XI bahwa shalat dhuha dapat mengendalikan kecakapan emosional, membuat para siswa memiliki rasa peduli dan sabar, sifat sabar yang berkaitan dengan kecerdasan emosional yang juga tertera dalam Al - Quran kita yang merupakan pembelajaran bagi manusia agar dapat mengembangkan kecerdasan emosionalnya. Pelaksanaan shalat dhuha di SMK Muhammadiyah 1 Kalirejo Lampung Tengah memiliki dampak yang positif bagi organ penting manusia, yakni berdampak baik bagi Emotional Quotient siswa. Dan para siswa lebih berani mengekspresikan diri di hadapan temen-temenya, saling bekerja sama dan memiliki cara dalam mengendalikan emosi mereka sendiri.

Published
2024-05-27